"MAPALA JUGA BISA BERPRESTASI"

Nama                           : Eliesya Fitri Wulandari
Tempat, tanggal lahir     : Wonogiri, 08 Oktober 1996
Jurusan                        : Akuntansi, Ekonomi Dan Bisnis
Alamat                         : Krapyak RT 01/07, Sidoharjo, Wonogiri
Email                           [email protected]
Pendidikan :
·         SDN 4 Sidoharjo
·         SMPN 1 Sidoharjo
·         SMAN 1 Wonogiri
·         Universitas Muhammadiyah Surakarta


Jaya di rimba jaya di kampus. Idiom ini tepat benar disematkan kepada anggota Mahasiswa Ekonomis Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Surakarta (Metala UMS) Eliesya Fitri Wulandari. Pasalnya, dara cantik yang lahir di Wonogiri 21 tahun lalu ini berhasil  meraih ranking dua pada seleksi final Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat UMS pada hari Kamis, 4 Januari 2018 dengan  jumlah peserta 9 orang  finalis dari beberapa fakultas di UMS. Keikutsertaan Eliesya mewakili seleksi mawapres di tingkat Universitas Muhammadiyah Surakarta  tidaklah mudah. Eliesya tak percaya bisa lolos dan melangkah mewakili UKM METALA dan Fakultas Ekonomi Bisnis untuk mengikuti Mawapres UMS tahun ini. Walaupun dengan persiapan yang singkat dan dukungan serta motivasi dari sahabat dan juga Pembina METALA Atwal Arifin Ak. M.Si, akhirnya  dengan menguatkan niat dan tekad maju ikut serta seleksi maewapres. Dan tidak disangka eliesya berhasil  menjadi finalis nomor urut 2 diantara 9 fakultas di UMS yang ikut seleksi dengan perolehan nilai 83.
Seleksi Mawapres merupakan ajang bergengsi di setiap Universitas di seluruh Indonesia. Tujuan seleksi adalah mencari mahasiswa terbaik yang akan mewakili Universitasnya di ajang Mawapres tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Tinggi (Dikti). Keberhasilan Eliesya, demikian panggilan akrab mahasiswi Fakultas Ekonomi Bisnis, masuk tiga besar tingkat kampus membuatnya berpeluang mewakili UMS untuk bersaing dengan perwakilan terbaik dari  Universitas di seluruh Indonesia. Cara masuk Mawapres memang tidak mudah dan tidak semua orang bisa berpartisipasi. Hanya orang-orang yang mau berpikir dan sedikit bekerja keras. Tahap pertama seleksi di fakultas masing-masing, seleksinya melalui beberapa berkas tapi yang terpenting adalah prestasi akademik yaitu IPK dan Karya tulis yang akan kalian ajukan. Setelah lolos, dari fakultas akan mengirimkan perwakilannya untuk diseleksi pada tingkat universitas. Seleksi ditingkat universitas antara lain tentang pengetahuan agama, pengetahuan umum, bahasa inggris, karya tulis dan test kepribadian. Setelah selesai melaksanakan test akan diumumkan 3 finalis yang karya tulisnya akan diseleksi untuk mewakili UMS.    

Aktif Organisasi
Pengalaman organisasi saya selama kuliah yaitu menjadi anggota METALA dan menjabat sebagai pengurus Bidang Humas Kerohanian periode 2016, Bidang Lingkungan Hidup periode 2017, saat ini menjadi Bendahara Umum METALA periode 2018. Selain itu saya masuk ke dalam lembaga DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) periode 2015 dan 2016. METALA bukan organisasi biasa. Disini saya banyak berlatih baik ilmu, olahraga, petualangan, bahkan tentang kehidupan. Karena METALA menjadikan saya menjadi orang yang bermanfaat. Ketika sekolah saya juga mengikuti banyak organisasi, dan saya bisa membandingkan perubahan saya. Banyak manfaat yang dapat di ambil dengan ikut organisasi baik leadership dan problem solving, tidak melupakan perkuliahan dan mengembangkan kemampuan diri lewat organisasi.

Prestasi
Prestasi juga sebgai tolak ukur penilaian dalam mawapres, prestasi akademik dari nilai IPK merupakan faktor penilaian dalam mawapres, dengan nilai IPK 3,5  termasuk faktor seleksi di tingkat fakultas ekonomi dan bisnis dan juga sebagi modal maju kemawapres tingkat ums tak hanya itu prestasi dari karya tulis dengan mengangkat tema “pemnafaatn buah mangrove sebgai olahan pangan”. Presatasi non akademik yang di peroleh selama kulliah dan sangat membantu dalam berbagai urusan kuliah maupun beasiswa yaitu lomba Orienteering. Lomba ini biasanya diadakan oleh militer maupun Organisasi Pecinta Alam. Beberapa kali saya dan rekan saya memenangkan lomba di kancah nasional kemudian kami mencoba untuk terjun di kancah internasional tepatnya pada event Perak My O Asia Cup yang diadakan di Malaysia dan diikuti beberapa Negara lain. Alhamdulillah saya bisa mewakili Indonesia untuk menjadi juara 2 dan juara 3 di event tersebut.
Lomba
Juara
Tahun
SNOC (Sabhagiriwana National Orienteering Semarang) 7
Juara 1 putri
2016
AOC (Aldakawanaseta Orienteering Competition) 1
Juara 1 putri
2016
IOS (Indonesia Orienteering Series) 2
Juara 2 junior putri
2016
LOB (Lomba Orienteerng Brahmahardhika) XIX
Juara 1 putri
2016
KOC (Kamapala Orienteering Competition) 1
Juara 1 putri
2016
KSG (Social Adventure Club)
Juara 1 putri
2017
MY-O ASIA (Malaysia Orienteering)
Juara 3 putri
2017
MY-O ASIA (Malaysia Orienteering)
Juara 2 ( sprint relay)
2017
MNAC (Mepa National Adventure Competition )
Juara 1 putri
2017
DOC (Dinamik Orienteering Competition) VIII
Juara 2 putri women > 20
2017