Halaman

METALA Laksanakan Event Metala Orienteering Competition III (MOC III) tingkat Nasional di Desa Bandar dawung, Tawangmangu.



Surakarta (06/08) - METALA (Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta laksanakan Metala Orienteering Competition III (MOC III) pada Sabtu-Minggu (28-28 Juli) di Desa Bandardawung, Kec.Tawangmangu, Kab. Karanganyar. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan setiap dua tahun sekali yang diadakan agar Anggota METALA dapat mengetahui ilmu lebih tentang Event Orienteering.

Orienteering adalah olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi menggunaan peta dan kompas untuk menyelesaikan suatu lintasan dari titik kontrol satu ke titik kontrol lain dalam waktu sesingkat mungkin.

Event Lomba Tingkat Nasional Metala Orienteering Competiton III (MOC III) dilaksanakan selama dua hari mulai hari Sabtu-Minggu tanggal 28-29 Juli 2018. Hari pertama dilaksanakan Technical Meeting di Aula SMP 2 Tawangmangu yang membahas tentang tata cara, jenis, penilaian perlombaan, pembagian nomor dada, dan diskusi seputar perlombaan. Hari kedua yaitu pelaksanan Lomba Orienteering yang berlokasi di Desa Bandar dawung, Kec.Tawangmangu, Kab.Karanganyar, Jawa Tengah dengan jenis perlombaan Score Event, perlombaan dilaksanakan dengan waktu normal 4 jam dan 30 menit untuk pinalty. Setelah itu, dilanjutkan Closhing Ceremony pengumuman juara lomba, penyerahan hadiah dan uang pembinaan.

Dalam event ini terdiri dari 3 kategori yaitu Umum Putra, Umum Putri dan U-19 (Non Militer). Jenis Lomba Metala Orienteering Competition III (MOC III) Score Event dengan peta RBI di Desa Bandardawung, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah. Total peserta 61, Umum putra terdiri dari 31 team, Umum Putri terdiri dari  19 team, dan U-19 terdiri dari 10 team. Untuk Umum Putra Juara 1 dari Tim GWB yang menyapu 19 point dari 25 point dengan total score 2305 dan waktu tempuh 03:45:36, Juara 2 dari Tim DOC yang menyapu 21 point dari 25 point dengan total score 2305 dan waktu tempuh 03:49:00, dan Juara 3 dari Tim NKA yang menyapu 18 point dari 25 point dengan total score 2185 dan waktu tempuh 03:56:27. Umum Putri Juara 1 dari Tim CC yang menyapu 12 point dari 25 point dengan total score 1410 dan waktu tempuh 03:41:57, Juara 2 dari Tim OSM 7 yang menyapu 12 point dari 25 point dengan total score 1355 dan waktu tempuh 03:17:39, Juara 3 dari Tim OSM 5 yang menyapu 12 point dari 25 point dengan total score 1335 dan waktu tempuh 03:14:05. U-19 Juara 1 dari Tim OSM 1 yang menyapu 15 point dari 25 point dengan total score 1915 dan waktu tempuh 04:52:49, Juara 2 dari Tim OSM 2 yang menyapu 15 point dari 25 point dengan total score 1880 dan waktu tempuh 03:37:59, Juara 3 dari Tim BASPALA 3 yang menyapu 13 point dari 25 point dengan total score 1640 dan waktu tempuh 03:34:55.


Lomba Metala Orienteering Competition III (MOC III) ini berbeda dengan MOC III. Karena di MOC III kali ini dari METALA mengadakan Piala Bergilir bagi Umum Putra dan Umum Putri kemudian dilihat dari medan sendiri lebih berat dan dibutuhkan kemampuan bernavigasi yang baik.

“Semoga MOC (Metala Orienteering Competition) kedepannya lebih baik lebih dikenal banyak orang. Dan terimakasih buat panitia yang semangat untuk bekerja dan terimakasih kepada peserta yang ikut serta dalam event Metala Orienteering Competition III (MOC III).”ucap Steering Comittee Metala Orienteering Competition III Nunuk Khoiriyah.

“Apresiasi yang diberikan untuk event Metala Orienteering Competition III (MOC III) tingkat Nasional ini sangat bagus. Peserta yang berpartisipasi mengikuti perlombaan ini juga memenuhi target dikarenakan untuk event MOC III kali ini saya rasa sudah banyak ditunggu-tunggu bagi para orieenter se-indonesia” kata Ketua Pelaksana Metala Orienteering Competition III Galuh Shita Pratiwi.

“Grade Metala Orienteering Competition (MOC) dari tahun ketahun selalu meningkat, bisa dikatakan Metala Orienteering Competition (MOC) sudah mulai dipertimbangkan kredibilitasnya sebagai event bergengsi tingkat Nasional, dibuktikan pula dengan antusias peserta yang ikut berpartisipasi, kebanyakan dari mereka merupakan tim-tim elit yang sudah pernah berjaya dimasanya” ucap Tim Teknis Metala Orienteering Competition III Yuni Noor Hayati.


“Apresiasi yang tinggi untuk event Metala Orienteering Competition (MOC) yang ketiga, mulai dari persiapan panitia, target peserta dan jalannya perlombaan semua berjalan lancar, dan terimakasih untuk semua elemen yang ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan event MOC (Metala Orienteering Competition) yang ke-3. Harapannya ke depan event MOC (Metala Orienteering Competition ) yang ke-4 bisa lebih baik dan menjadi event yang di tunggu-tunggu oleh orienteer se-Indonesia” kata Ketua Umum METALA Attabik Ahmad.

Terimakasih kepada semua pihak yang sudah mensupport event Metala Orienteering Competition III (MOC III) sehingga acara ini dapat berjalan dengan sukses.