METALA Raih Juara dalam Event Siliwangi Orienteering Cup 2018


Gelaran olahraga bertajuk Siliwangi Orienteering Club 2018 resmi diadakan di Kota Baru Parahayangan, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (27/10/2018). Peserta dilepas langsung oleh Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan; didampingi Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Nurchahyanto; dan Dittopad, Brigjen TNI Asep Edi Rosidin.

"Kodam III Siliwangi baru pertama kali melaksanakan kegiatan tersebut dan sekaligus merupakan contoh bagi Kodam-kodam lainnya," kata Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, Sabtu (27/10/2018).


 Gambar : Pembukaan peserta orienteering 

Orienteering merupakan cabang olahraga yang membutuhkan kemampuan dan keterampilan navigasi dengan menggunakan peta dan kompas dalam melakukan perjalanan dari satu titik ke titik lain di alam bebas yang biasanya merupakan daerah yang belum dikenal.

Kegiatan Siliwangi Orienteering Club merupakan rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 TNI tahun 2018. Sebanyak 306 orang peserta mengikuti kegiatan tersebut.
Tidak hanya dari Indonesia, peserta juga datang dari Jerman, Kenya, dan Malaysia.
Peserta dibagi menjadi tiga gelombang, yaitu dari umum dan Atlet Kodam III Siliwangi dengan kategori Senior Man, Senior Women, Junior Man dan Junior Women.

"Olahraga ini baru pertama kali dilaksanakan dan awalnya merupakan kegiatan yang dilaksanakan bagi militer kemudian dari kalangan sipil dikembangkan sehingga menjadi olahraga umum," kata Mayjen TNI Besar Harto Karyawan. Dia berharap agar perlombaan tersebut dilakukan secara sportif, gembira, sambil berorientasi dan rekreasi.

Atlet metala yang mengikuti atas nama yuni noor hayati kategori senior women dan lukman widiarso kategori senior man. Alhasil yang meraih juara ke emmpat kategori senior woman adalah yuni.

Gambar : Usai penyerahan medali

“Ini keberuntungan saya, Sebenarnya bukan memenangkan, karena pemenang hanya ada satu yaitu podium satu. sedangkan saya hanya bisa meraih podium 4 dan ini pertama kalinya saya ikut orienteering kategori senior woman open dimana sipil dan militer di jadikan satu, ini bisa menjadi tolak ukur kemampuan saya, menjadi motivasi saya untuk terus menerus berlatih dan mengasah kemampuan maksimal saya" ujar yuni.

Keberuntungan ini tak di sangka oleh yuni karena memang atlet yang bertanding dari kalangan militer dan secara fisik mereka lebih dari warga sipil.

Perolehan Juara pada kelas Senior Man diraih kepada, Juara 1 Saputra, Juara 2 Sukma, Juara 3 Renra dan Juara 4 Rudi Purwanto. Juara Kelas Senior Women diraih, Juara 1 Maria Risa Putri, Juara 2 Rizky, Juara 3 Ernita dan Juara 4 Yuni Noor Hayati. Kelas Junior Man diraih Juara 1 Ajat, Juara 2 Reza Aulia, Juara 3 Danil dan Juara 4 Dafreanus Lenome. Kelas Junior Women diraih Juara 1 Cici, Juara 2 Fega Anggraini, Juara 3 Maulia dan Juara 4 Asri.

Gambar : Penyerahan medali