Jelajahi Derasnya Sungai Ello, METALA FEB UMS berikan Pengalaman untuk Anggota Baru


Arung Jeram merupakan olahraga Arus Deras yang sudah mulai banyak penggemar di Indonesia. Tak dapat di pungkiri keseruan menjelajahi derasnya sungai dengan perahu akan menantang adrenalin kita. Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam (METALA FEB UMS) salah satu di antara MAPALA yang sudah menerapkan Arung Jeram ke dalam salah satu materi wajib yang harus di miliki anggotanya.
            Setiap tahun METALA mengajak seluruh Anggota Muda nya untuk menjelajahi derasnya arus sungai dan mempelejarai materi tentang Arung Jeram.
Tahun ini, METALA menggunakan Sungai Ello Magelang untuk penerapan materi Arung Jeram  dalam rangkaian acara Pendidikan Panjutan Anggota Muda METALA 2020. Kegiatan yang di laksanakan pada minggu – selasa 23-25 Februari 2020 merupakan agenda yang wajib di ikuti Anggota Muda METALA sebagai tempat transfer materi dan syarat Anggota Muda bisa menjadi Anggota Penuh  METALA. 
Foto bersama di rest area
DIKJUT Arung Jeram kali ini, METALA menggunakan 5 perahu dengan 1 kali pengarungan. Sebanyak 26 peserta dan 6 pemateri memulai pengarungan dengan mempraktekan materi Renang Jeram yang berfungsi ketika awak terjatuh ketika pengarungan. semua peserta mencoba praktek Renang Jeram agresive maupun Defensive. Berlanjut materi selanjutnya yakni, Water Rescue  dengan pokok materi yakni menyelamatkan korban yang tenggelam menggunakan Rescue Rope.
Suasana panas kota Magelang dan derasnya arus sungai Ello menemenami petualangan Arung Jeram kali ini, beberapa peserta terlihat antusias selama pengarungan dan ada beberapa yang terlihat pucat ketakutan ketika mempraktekan materi yang di berikan pemateri. Di tengah - tengah pengarungan para peserta diminta untuk praktek Renang Jeram menyebrangi sungai dan semua peserta bisa melakukan Renang Jeram dengan sempurna. tepat sebelum Rest Area peserta mempraktekkan materi flip flop yakni membalikkan perahu dan berusaha untuk membaliknya kembali. Tentu, itu bukan hal yang mudah karena derasnya jeram menjadi uji adrenalin bagi para peserta. Para peserta semua bisa mempraktekkan materi flip flop dengan waktu yang telah di tentukan. 
Foto setelah upacara pembukaan Dikjut Rafting
Rest Area, seluruh peserta berhenti untuk istirahat makan snack dan materi Renang Jeram di hole yang berada di Rest Area. ketika rest ada salah satu pemateri yang hanyut karena terjatuh dari perahu dan terlilit Rescue Rope, dengan sigap salah satu anggota melakukan praktek materi resuce dengan teknik penyelamatan Man to Man. Satu jam di rest cukup untuk memulihkan tenaga sebelum memulai pengarungan menuju titik finish. Berfoto sebelum melanjutkan pengarungan tidak kami lewatkan karena akan menjadi moment yang tentu perlu di abadikan.
“Belajar dan bermainlah” pesan dari Daud al Faruq selaku ketua umum METALA periode 2020. Harapan kita semua dari kegiatan DIKJUT Arung Jeram kali ini adalah mengenalkan bahwa berkegiatan di alam adalah sebuah hal yang mengasikkan tetapi harus juga memperhatikan safety prosedur sehingga selama berkegiatan bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kecelakaan yang tidak di inginkan. (rz_14)
Materi renang jeram
Pengarungan melewati derasnya jeram sungai Ello
Briefing sebelum memulai pengarungan