Halaman

DIKJUT RAFTING METALA 2019 MENERJANG DERAS JERAM SUNGAI ELLO MAGELANG


Sungai Elo Magelang adalah surga bagi para pecinta olahraga Arung Jeram di daerah Jogja,Solo dan Sekitarnya, tak di elakkan lagi indah dan derasnya Sungai Elo menjadi primadona untuk melaksanakan setiap kegiatan olahraga Arung Jeram. Mahasisswa Ekonomi Pecinta Alam (METALA) sebagai salah satu MAPALA yang ada di Solo juga termasuk yang menjadikan Sungai Elo menjadi pilihan untuk penerapan materi Rafting .


Tahun ini, METALA menggunakan Sungai Elo Magelang untuk penerapan materi Rafting dalam rangkaian acara Pendidikan Lanjutan ANGGOTA MUDA METALA 2019 Bidang Rafting. Kegiatan yang di laksanakan pada Minggu – selasa 17 – 19 Maret 2019 merupakan agenda yang wajib di ikuti ANGGOTA MUDA METALA sebagai tempat transfer materi dan syarat ANGGOTA MUDA bisa menjadi ANGGOTA PENUH METALA. 

Peserta Dikjut Rafting METALA 2019 sebagai berikut : 
Wahyu Hutomo
Leonita Suryani
Jemmy Kartika putra
Fitri Wulandari
Atikah Fitri
Dea Nabilla Rosani
Moh Yusril Sani
Hanif Asyrofa
Muh Tahir




Dikjut rafting kali ini, METALA melakukan 2x pengarungan. Pengarungan pertama berfokus pada pengenalan bentukan sungai, macam macam Dayungan, tehnik baca arus dan Water Rescue. Sedangkan, pengarungan kedua berfokus pada materi Skiper. Sebelum pengarungan para peserta yang berjumlah 9 orang mempraktekan simulasi renang jeram baik Defensive maupun Agresive begitu juga mempraktekan materi Water Rescue yakni menyematkan korban di air dengan melempar Rescue Rope. 



Usai praktek Water Rescue, peserta memulai pengarungan melawan deras jeram Sungai Elo yang meluap di karenakan 2 hari hujan yang tak kunjung reda. Di temani rintik hujan para peserta tetap bersemangat mengikut Dikjut Rafting kali ini. Di tengah tengah pengarungan para peserta diminta untuk praktek renang jeram menyebrangi sungai dan semua peserta bisa melakukan renang jeram dengan sempurna. Tepat sebelum rest area peserta mempraktekkan materi Flip Flop yakni membalikkan perahu dan berusaha untuk membaliknya kembali. Tentu,itu bukan hal yang mudah karena derasnya jeram menjadi uji adrenali bagi para peserta. Para peserta semua bisa mempraktekkan materi Flip Flop dengan waktu yang telah di tentukan. 

Peserta beristirahat sejenak di Rest Area, setelah itu melanjutkan pengarungan sampai ke Finish. Semua bentukan bentukan sungai di pahami dengan cermat oleh peserta karena termasuk dalam materi Dikjut Rafting 2019. Setelah menyelesaikan pengarungan pertama, semua peserta kembali ke start untuk melaksanakan pengarungan kedua yakin praktek Skiper. (Rz)