GENERASI MUDA METALA MENJELAJAHI RIMBUNYA LERENG LAWU SELATAN

Surakarta  - METALA (Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam) Universitas Muhamadiyah Surakarta Fakultas Ekonomi dan Bisnis, laksanakan Pendidikan Lanjutan (PENDIDIKAN LANJUTAN) Gunung dan Rimba 2019 pada kamis-minggu 14-17 Maret 2019  di Tlogo Dringo Karanganyar. Kegiatan ini merupakan tahapan untuk Anggota Muda untuk mempraktekkan setiap materi yang sebelumnya di berkan di materi ruang.



Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba kali ini, di laksanakan di Tlogo Dringo berfokus pada beberapa materi di antaranya ialah :
  1.   Navigasi Darat adalah suatu cara seseorang untuk menentukan posisi dan arah perjalanan baik di peta maupun dimedan sebenarnya.

2.   Resection (cross bearing technic) adalah menentukan posisi kita di peta dengan menggunakan dua atau lebih titik tanda medan extrem yang ada dilapangan dan dapat dikenali.


3.  Intersection adalah menentukan posisi suatu titik (benda) di peta dengan menggunakan dua atau lebih tanda lapangan yang dikenali. Intersection digunakan untuk mengetahui atau memastikan posisi benda dilapangan yang sukar untuk dicapai.


4.Orienteering adalah olahraga yang mana pesertanya menggunakan peta dan kompas untuk menemukan sejumlah lokasi kontrol di medan sebenarnya.


  5.Search and Rescue (SAR) diartikan sebagai usaha dan kegiatan kemanusiaan untuk Mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam bencana atau musibah.

“Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba kali ini hanya di ikuti sebagian dari Anggota Muda yang berjumlah 9 orang dari 30 Anggota Muda mereka antara lain Irfan Shidiq, Ulil Azizah, Muh Irvan, Febi Alfia, Rofi Dian, Indah Nurhayati, Indah Suci, Panji Ghifari, Zulfa Nur Hidayat” Ungkap Ajeng selaku SC dalam pelaksanaan Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba.
Sebelum Anggota Muda meaksanakan penjelajahan di Lereng lawu Selatan di adakan upacara pemberangkatan di Hall FEB UMS. “ Jaga satu sama lain, semua saling membantu tidak boleh egois, dengarkan arahan dari pengurus agar kegiatan kalian lancar. Jangan lupa kalian harus selalu jaga ibadah ketika berada di alam” pesan Drs.Atwal Arifin, AK, M.Si selaku Pembina METALA dan Wakil Dekan III FEB UMS.
Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba dilaksanakan kamis-minggu 14-17 Maret 2019. Hari pertama dilaksanakan materi Sosiologi Pedesaan (SOSPED), Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK), dan Survival Bivouck di Tlogo Dringo, Tawangmangu.Hari kedua pelaksanaan Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba di Tlogo Dringo materi Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK). Hari ketiga Ilmu Medan Peta dan Kompas (IMPK), dan Survival Bivouck, Hari Keempat Orienteering di Kampung Pinus Sarangan.
Orienteering sendiri merupakan tambahan kegiatan yang ada dalam Pendidikan Lanjutan Gunung dan Rimba, untuk melatih peserta juga karena dalam Orienteering peserta juga dituntut tentang kemampuan bernavigasi pembacaan peta,  penggunaan kompas dan berlari dengan waktu secepat mungkin” Ucapnya lagi.
“Pendidikan Lanjutan merupakan tahapan yang harus di lalaui setiap Anggota Muda yang ada di METALA, fungsi dari Pendidikan Lanjutan sendiri adalah tahapan transfer materi sehinga Anggota Muda memiliki bekal ilmu kepecinta Alaman dan bisa meneruskan estafet organisasi” ungkap Totok selaku Ketua Umum METALA periode 2019 (Rz)