Halaman

LAKSANAKAN UPGRADING DAN RAPAT KERJA, PENGURUS METALA MENYONGSONG KEPENGURUSAN 2023 UNTUK SELALU MERAIH PRESTASI

Sukoharjo – Mahasiswa Ekonomi Pecinta Alam (METALA) FEB UMS dalam rangka menyambut kepengurusan baru 2023 telah melaksanakan 2 program kerja yakni Upgrading dan Rapat Kerja untuk menyiapkan kepengurusan solid dan program kerja hebat 2023.  Upgrading METALA 2023 dilaksanakan pada Minggu 15 Januari 2023 di Gedung Student Union Kampus FEB UMS sedang Rapat Kerja dilaksanakan Rabu, 25 Januari 2023 di Gedung Perpustakaan UMS.

Upgrading merupakan sebuah kegiatan pelatihan peningkatan mutu, pengetahuan, dan ilmu berorganisasi juga sebagai program pembuka bagi para pengurus baru METALA FEB UMS. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan arahan bagi para pengurus baru agar dapat mengetahui pengelolaan organisasi yang baik dan mengerti cara membuat program kepengurusan organisasi, serta dapat membangun semangat kepengurusan.

Kegiatan Upgrading dimulai dengan sambutan Ketua Umum METALA 2023 Naufal Hanif, kemudia dilanjut dengan sedikit motivasi dari Pembina METALA Bapak Atwal Arifin. Dalam sambutanya Pembina METALA menasehatkan seluruh pengurus untuk lebih memahami visi misi organisasi sebelum membuat kegiatan selama menjadi kepengurusan, karena sangat penting mengetahui visi misi agar setiap kegiatan bisa mendapat kebermanfaat dan sesuai dengan yang diharapkan oleh organisasi. Setelah Sambutan Pembina  kemudian dilanjutkan dengan agenda utama, yaitu pemaparan materi.
 
Pemateri pertama dibawakan oleh Mas Yanuartanto selalu Anggota Luar Biasa, materi yang dibawakan tentang keorganisasian. Materi ini berfokus membedah pemahaman pengurus baru METALA 2023 sebelum melangkah lebih jauh dalam kepengurusan METALA. “Pengurus baru wajib paham keorganisasian dan KeMETALAan atau hal hal yang berhubungan dengan METALA agar dalam melaksanakan amanah nanti tidak banyak keluar dari koridor organisasi dan agar mampu meneruskan mimpi mimpi yang telah dibuat oleh alumni dan bisa berkesinambungan hingga nanti meraih prestasi prestasi baru” jelas Mas Yanuartanto dalam materinya.
 
Berlanjut kemateri kedua yang dibawakan oleh Abdul Aziez dan Wahyu Hutomo yang berfokus pada manajemen program. Dalam penyampaian materinya dibedah bagaimana tahapan tahapan dalam membuat program dari analisis, strategic planning, pembuatan konsep kegiatan hingga evaluasi kegiatan. Diakhir Upgrading Pengurus dan Pemateri mengadakan Forum Grup Diskusi guna mengetahui sejauh mana kesiapan dan menampung saran untuk program masing masing bidang kepengurusan METALA 2023.
 
Rapat Kerja adalah  program kerja tahunan diawal periode kepengurusan METALA yang mempertemukan para pengurus baru dan DPO untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelaksanaan program kerja organisasi dan merancang program kepengurusan selama satu periode. Kegiatan Rapat Kerja dimulai dengan penjelasan singkat dari Wahyu Hutomo selaku Dewan Pertimbangan Organisasi tentang bagaimana menentukan program kerja organisasi dan program bidang selama satu periode. Setelah penjelasan dari DPO rapat kerja dipandu oleh Pimpinan Harian dalam merumuskan progam kerja, kebijakan pengurus dan program bidang selama satu periode.
 
Diharapkan dari kegiatan Upgrading dan Rapat Kerja ini para pengurus METALA FEB UMS Periode 2023 dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sesuai dengan aturan dan ketetapan organisasi, juga dapat lebih amanah dalam mengemban tanggung jawab baru dalam satu kepengurusan METALA FEB UMS. (Yolanda)

Rapat Kerja METALA 2023

Materi Keorganisasian oleh Mas Yanuar

Upgrading METALA 2023


Pengurus METALA 2023